TENTANG SEKOLAH DASAR BUDI LUHUR

 

Cerdas berbudi luhur adalah dua hal yang tidak terpisahkan, kecerdasan tanpa dilandasi budi luhur akan cenderung digunakan untuk membodohi dan mencelakakan orang lain, sebaliknya budi luhur tanpa diimbangi kecerdasan akan merupakan sasaran kejahatan dan penindasan orang lain.

Drs. Djaetun H.S

(Pendiri Yayasan Pendidikan Budi Luhur)

Masa sekolah dasar adalah masa dimana anak pertama kali terlibat dalam pendidikan formal dan berada lebih lama di luar rumah untuk belajar. Mereka diajak untuk mulai mengetahui dan belajar tentang mentaati peraturan, bertanggung jawab terhadap tugas, bersosialisasi dengan lebih banyak teman serta belajar untuk memahami banyak karakter yang berbeda-beda.

Untuk beradabtasi dengan semua ini, belum tentu mudah untuk semua anak. Lingkungan sekolah harus mendukung penuh menciptakan suasana yang bersahabat, menyenangkan dan membuat anak merasa bahwa sekolah adalah rumah ke dua.

Di Sekolah Dasar BUDI LUHUR, kami berusaha menciptakan suasana yang bersahabat dengan anak melalui sumber daya manusia yang ramah anak.

Penekanan dalam pengajaran kami adalah mendukung kecerdasan majemuk (Multiple Intelligences). Bahwa setiap orang memilki kecerdasan yang berbeda. Prof. Howard Gardner seorang ahli riset dari Amerika mengembangkan model kecerdasan “multiple intelligence”. Multiple intelligence artinya bermacam-macam kecerdasan. Ia mengatakan bahwa setiap orang memilki bermacam-macam kecerdasan, tetapi dengan kadar pengembangan yang berbeda. Yang di maksud kecerdasan menurut Gardner adalah suatu kumpulan kemampuan atau keterampilan yang dapat ditumbuhkembangkan.

 Menurut Howard Gardner dalam setiap diri manusia ada 8 macam kecerdasan, yaitu:

  1. Kecerdasan linguistik
  2. Kecerdasan logik matematik
  3. Kecerdasan visual dan spasial
  4. Kecerdasan musik
  5. Kecerdasan interpersonal
  6. Kecerdasan intrapersonal
  7. Kecerdasan kinestetik
  8. Kecerdasan naturalis

Kami selalu memandang keunikan masing-masing anak sebagai sebuah potensi untuk berkembang. Siswa secara aktif dilibatkan dalam pembelajaran di seluruh lingkungan sekolah. Belajar aktif dan dua arah dilakukan dengan cara melayani tanya jawab anak, presentasi, pemberian tanggung jawab sesuai usia melatih kepercayaan diri. Kami juga sangat memperhatikan Kebudiluhuran serta Ketaqwaan sebagai hal utama untuk membangun karakter anak-karakter bangsa Indonesia. Karakter berbudi luhur dan beriman kepada Tuhan YME sehingga anak akan sukses untuk semua hal di kehidupan selanjutnya.

CORE SUBJECT

  1. Bahasa Indonesia
  2. Maths
  3. English
  4. Science
  5. PKn
  6. IPS
  7. IT
  8. Mandarin
  9. Physical Exercise
  10. Art and Craft
  11. Music

 

MULTICULTURAL CONSIDERATIONS

Kami mendorong tumbuhnya sikap penghargaan dan penghormatan anak atas keberagaman kepercayaan dan kebudayaan yang ada. Dalam program pendidikan, BUDI LUHUR memberikan pelajaran agama sesuai dengan keyakinan mereka.

Kami mengajak anak untuk menghormati perayaan Hari Besar Agama apapun, namun perayaan hari besar tetap dirayakan sesuai dengan agama masing-masing. Selain itu kami menanamkan nilai-nilai kebajikan dan kemanusiaan, seperti menyayangi teman, binatang dan tanaman, menjaga lingkungan, serta bersyukur atas anugerah Tuhan.

KEGIATAN SEKOLAH

  1. Breakfasting together & Charity
  2. Indonesia Independence Celebration

  3. Business and Family Day

  4. Math & Science Week

  5. Chinese New Year

  6. English Week

  7. Teachers Appreciation Day

  8. Christmas Celebration

  9. Budi Luhur Competition

  10. Language and Culture Week

  11. Edu Fun Trip (Over seas)

  12. Minitrip

  13. Fieldtrip

  14. Guest Speaker (Native from America and United Kingdom)

JADWAL SEKOLAH

  1. Setiap hari Senin – Kamis pukul 07.00-13.30 WIB
  2. Ekskul hari Selasa dan Kamis pukul 13.30 – 14.30 WIB