IMG_8899

Usia 0 – 5 tahun adalah usia yang biasa dikenal dengan masa usia golden age (masa keemasan). Semua pertumbuhan dan perkembangan berjalan sangat pesat. Pengalaman yang diperoleh seorang anak pada masa ini sangat berharga dan memiliki dampak yang besar terhadap perkembangannya di masa depan.

Jelaslah bahwa pada usia 3 – 5 tahun masih termasuk dalam golden age. Pada usia ini pendidikan diluar rumah mulai diperkenalkan, hal ini merupakan waktu terpenting bagi anak maupun orang tua. Orang tua tidak boleh salah memilih tempat bermain dan belajar untuk anak, karena akan berdampak terhadap perkembangan anak. Tempat bermain yang aman, nyaman dan dapat mengembangan semua perkembangan anak dengan para pembimbing yang mencintai anak serta ramah anak, adalah tempat yang ideal bagi anak untuk menjadi rumah ke duanya.

Di Play Group & Kindergarten Budi Luhur, penekanan bermain dan belajar adalah dua hal yang sangat terkait erat dan terintegrasi. Pertumbuhan dan perkembangan anak sangat diperhatikan dan dikembangakan melalui pembelajaran berbasis 11 area perkembangan dengan tetap memandang keunikan masing-masing anak. Kami membantu anak-anak untuk mendapatkan keahlian dan pengetahuan yang berguna untuk perkembangan mereka dan selalu menanamkan sikap yang positif terhadap pembelajaran. Metode pembelajaran yang aktif (2 arah), kreatif dan menyenangkan serta selalu mengajarkan anak berbudi pekerti luhur digunakan dalam keseharian interaksi pembelajaran. Anak secara aktif dilibatkan dalam lingkungan sekolah melalui percobaan sederhana dan presentasi yang dapat melatih inisiatif dan kepercayaan diri mereka.

YANG DIKEMBANGKAN DALAM DIRI ANAK

  1. Sensory (panca indera)
  2. Gross motoric skill (motorik kasar)
  3. Fine motoric skill (motorik halus)
  4. Self help skill (ketrampilan sehari-hari)
  5. Cognitive and creativity (kognitif dan kreativitas)
  6. Pre-reading / writing skill (persiapan membaca dan menulis)
  7. Numeracy (konsep matematika)
  8. Socialization (sosialisasi)
  9. Language (bahasa)
  10. Emotion (emosi)
  11. Multiculture and technology (kebudayaan dan teknologi)

MULTICULTURAL CONSIDERATIONS

Kami medorong tumbuhnya sikap penghargaan dan penghormatan anak atas kebegaraman kepercayaan dan kebudayaan yang ada. Dalam menjalankan program pendidikan, BUDI LUHUR tidak memberi muatan nilai-nilai agama atau kepercayaan tertentu. Kami menanamkan nilai-nilai universal Ketuhanan Yang Maha Esa, dan secara umum memperkenalkan anak pada makna perayaan hari besar berbagai agama.

Kami mengajak anak untuk menghormati perayaan Hari Besar Agama apapun, misalnya bersama-sama memasak ketupat pada hari Lebaran, menghias telur Paskah, menghadirkan Biksu pada perayaan Waisak, membuat canang saat hari raya Nyepi, atau merayakan tahun baru Cina dengan menonton barongsai. Selain itu kami menanamkan nilai-nilai kebajikan dan kemanusiaan, seperti menyayangi teman, binatang dan tanaman, menjaga lingkungan, serta bersyukur atas anugerah Tuhan.

Kami juga mendorong siswa yang berasal dari berbagai latar belakang suku dan budaya (misalnya Cina, Ambon, Jawa, Malaysia, Australia, dll.) untuk berbagi cerita atau berbagai hal yang khas dari mereka sehingga anak dapat menerima perbedaan sebagai sebuah karakter dasar manusia. Kemampuan menghargai dan menghormati perbedaan ini merupakan bagian dari program pendidikan untuk membekali anak dengan kemampuan adaptasi ketika berada dalam masyarakat majemuk.

JADWAL BERMAIN DAN BELAJAR

PLAY GROUP (usia 2-3 tahun) 3x pertemuan/minggu

DAILY ROUTINE

  1. Morning activity : 15 MINUTES
  2. Circle time (opening) : 15 MINUTES
  3. Activity 1 (Educator initiated learning – child initiated learning) : 30 MINUTES
  4. Snack time and free play : 30 MINUTES
  5. Activity 2 (Educator initiated learning – child initiated learning) : 20 MINUTES
  6. Circle time (closing) and review : 10 MINUTES

REGULER ACTIVITIES 

  1. Computer 1/WEEK
  2. Visit library and storytelling 1/WEEK
  3. Swimming 2/MONTH
  4. Cooking 1/TERM
  5. Minitrip/ guest 1/SEMESTER
  6. Audiovisual 2/TERM
  7. Medical check up 1/TERM
  8. Dental screening 1/SEMESTER
  9. English time with native 1/WEEK
  10. Mandarin 1/WEEK

KINDERGARTEN

(usia 4 – 5 tahun) 5x pertemuan/minggu

Setiap hari Senin – Jum’at jam 08.00-11.00 WIB Ekskul hari Selasa dan Kamis jam 11.00 – 12.00 WIB

DAILY ROUTINE

  1. Morning activity : 08.00 – 08.15
  2. Circle time (opening), show and tell, discussion : 08.15 – 08.30
  3. Briefing : 08.30 – 08.45
  4. Activity 1 (Educator initiated learning) : 08.45 – 09.10
  5. Snack time and freeplay : 09.10 – 09.40
  6. Activity 2 (Educator initiated learning) : 09.40 – 10.15
  7. Activity 3 (Children initiated learning) : 10.15 – 10.55
  8. Circle time (closing), review and planning : 10.55 – 11.00

REGULER ACTIVITIES

  1. Swimming 2/MONTH
  2. Cooking 1/TERM